Mengetahui Manfaat, Cara, Dan Kekurangan Menggunakan Kalender Kehamilan

 


Kalender Kehamilan merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mengetahui usia kehamilan. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui usia kehamilan mulai dari menghitungnya secara manual dari hari pertama haid terakhir, menggunakan kalender khusus ibu hamil, dan melalui USG. 

Tetapi dari ketiga cara tersebut, cara yang paling sering digunakan untuk mengetahui usia kehamilan adalah kalender khusus kehamilan. Pasalnya kalender khusus kehamilan ini bisa dibilang yang paling praktis dan murah. Setiap ibu hamil dan petugas kesehatan bisa mendapatkan dan menggunakan kalender kehamilan ini dengan mudah. 

Lalu manfaat manfaat mengetahui kalender kehamilan itu apa? Berikut manfaat menggunakan kalender kehamilan :

1. Membantu Mengetahui Usia Kehamilan Saat Ini

Dengan menggunakan kalender khusus kehamilan, maka kamu bisa mengetahui usia kehamilan saat ini. Kamu bisa mengetahui proses fisiologis yang sedanga berlangsung dalam tubuh, perkembangan janin, serta keluhan yang terjadi selama masa tertentu. Pastinya kamu harus membaca buku buku tentang kehamilan untuk mendapatkan informasi penting tersebut. 


2. Mengetahui Seluk Beluk Kehamilan

Jika kamu telah mengetahui seluk beluk kehamilan saat ini, maka kamu bisa langsung melakukan hal yang terbaik untuk kehamilanmu. Sebagai contoh, saat ini usia kehamilan kamu menginjak 8 bulan, maka kamu harus mulai mempersiapkan perlengkapan persalinan, berhati hati dalam mengkonsumsi makanan, melakukan senam hamil, serta mempelajari tanda tanda persalinan. 


3. Bisa Mengetahui Keluhan Yang Dirasakan Ibu Hamil

Manfaat lain dari penggunaan kalender khusus kehamilan adalah mengetahui keluhan ibu hamil yang kamu rasakan. Apakah keluhan yang dirasakan itu normal atau tidak? Dan bagaimana cara mengatasinya? Sebagai contoh, saat usia kehamilan kamu telah menginjak 7 bulan, maka harus mulai mengurangi konsumsi cairan sebelum tidur untuk mencegah keinginan buang air kecil saat tidur. 

Lalu cara menggunakan kalender khusus kehamilan ini seperti apa? Berikut dibawah ini cara mudah menggunakan kalkulator khusus kehamilan : 

1. Tanggal di kalender khusus kehamilan itu bentuknya bulat dan bersusun. Pada bagian atas kertas ada tulisan yang disertai tanda panah. Tulisan itu adalah “menstruasi terakhir” serta “awal kehamilan”. 


2. Untuk mengetahui kehamilan, kamu harus mencocokkan tanda panah yang bertuliskan “menstruasi terakhir” dengan tanggal dibawahnya. Setelah itu cocokkan tanggal hari ini pada kertas yang dibawah. Kemudian pada bagian atas kertas akan tertulis berapa usia kehamilan kamu. Bagaimana mudah kan

Meski begitu kalender khusus kehamilan ini memiliki kekurangan seperti :

1. Ketepatan Perhitungan Kalender Kehamilan Terkadang Mengalami Kendala

Terkadang ketepatan perhitungan kalender kehamilan mengalami kendala. Hal tersebut terjadi karena kamu lupa tanggal pasti hari pertama haid terakhirnya. Sehingga usia kehamilan yang dihitung dengan menggunakan kalender khusus kehamilan hanyalah dugaan semata. Dengan begitu, petugas media akan kesulitan untuk menentukan sebuah tindakan. Sebagai contoh, apakah kamu telah masuk dalam masa post date (kehamilan lewat waktu) atau tidak. 


2. Terkadang Terjadi Kesalahan Dalam Menentukan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) 

Terkadang terjadi juga kesalahan dalam menentukan HPHT atau Hari Pertama Haid Terakhir. Terjadinya pendarahan yang disebabkan implantasi seringkali dianggap sebagai haid terakhir. Padahal janin pada saat itu telah menempel di dinding rahim. Dan akhirnya diagnose yang ditegakkan pun menjadi salah. Sebagai contoh, ibu yang melahirkan tepat waktu disangka premature atau ibu telah melewati masa melahirkan tetapi disangka melahirkan matur. Pastinya kejadian seperti ini akan membahayakan janin. Untuk mengatasipasinya, harus dilakukan USG sekali waktu. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Judul Film Religi Yang Cocok Menemani Waktu Ramadhan

Download opera Mini Untuk Semua Jenis HP

Mengembalikan Mimpi Anak-anak Korban Bencana Alam Bersama Pendekar Anak