Simak Ini Dia Macam-Macam Load Bank

Dummy Load
Seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya, bahwa load bank merupakan salah satu alat yang digunakan untuk menguji genset, baterai atau transformer. Sejauh mana kemampuannya sebelum dioperasikan ke beban listrik secara langsung. Nah, Anda harus mengetahui macam-macamnya agar bisa memilih loadbank berkualitas
Macam-Macam Load Bank
Selain untuk menguji kemampuan baterai, genset atau transformer, load bank juga digunakan untuk mengetahui apakah kinerja genset stabil pada saat pembebanan yang tinggi. Dengan melakukan tes tersebut, Anda bisa mengamati apakah parameter pada mesin berubah. Agar lebih jelas, simak apa saja jenisnya di bawah ini :
1. Dummy Load
Yaitu alat tes genset yang dipakai menggunakan media berupa air garam dengan tingkat konsentrasi tertentu. Larutan tersebut akan berfungsi sebagai elektroda atau media elektrolit yang nantinya akan disambungkan pada genset.
Caranya, masukkan elektroda pada unit genset ke dalam larutan pantau terus konsentrasinya. Apabila elektroda masuk semakin dalam maka nilai beban juga semakin tinggi. Keuntungannya dummy load adalah harganya yang murah.
2. Load Bank Grid Resistor
Terdiri dari beberapa lempengan plat nikel dengan karakteristik ketahanan tertentu. Disusun dengan lapisan isolator yang sangat tahan panas dan blower. Kegunaannya untuk memberikan pendingin karena ketika tes pembebanan nantinya, plat akan terasa sangat panas. Hasilnya, kapasitas pengetesan akan sebanding dengan panas yang dihasilkan.
3. Heater Element
Yaitu terdiri dari elemen pemanas dengan kapasitas tertentu agar nilai pembebanan bisa diperoleh. Terbuat dari kawat nickeline yang dibungkus menggunakan gips, pipa agar aman saat melakukan pengetesan.
Cara kerjanya yaitu udara dialirkan pada rangkaian alat untuk membuang panas yang dihasilkan. Sehingga Anda bisa melakukan uji tes secara berkelanjutan.
Kesimpulannya, load bank berfungsi sebagai media pengalih atau pembuang beban. Yang biasa digunakan oleh industri besar agar bebas bisa berpindah secara tiba singkat ke beberapa unit. Sehingga bisa dibilang sebagai solusi listrik untuk masa kini.
Jika Anda membutuhkan sewa genset kawasan industri bisa langsung menghubungi Sewatama. Perusahaan yang menyewakan peralatan untuk menunjang kebutuhan listrik tempat Anda. sudah berpengalaman selama 27 tahun loh. Dijamin memuaskan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Temukan Lowongan Pekerjaan di Gianyar dengan HHRMA Bali

Mengembalikan Mimpi Anak-anak Korban Bencana Alam Bersama Pendekar Anak

Keanehan Pemeriksaan JIS, Bukan FIFA yang Periksa tapi Kontraktor Rumput Kompetitor