Cara Membeli Mobil Baru Meskipun Gaji UMR


Siapa bilang kalau memiliki pendapatan UMR tidak bisa membeli mobil baru? Bagi yang bergaji Upah Minimum Regional sebenarnya tidak perlu merasa sedih. Anda tetap bisa merealisasikan impian untuk beli mobil idaman, asalkan disiplin dan mampu mengelola keuangan dengan baik.

Memiliki kendaraan roda empat merupakan keinginan banyak orang. Akan tetapi, harga mobil yang terbilang mahal selalu menjadi kendalanya. Khususnya, bagi pegawai dengan penghasilan terbatas.

Bagaimana Bisa Beli Mobil dengan Gaji UMR? Simak Hitungannya Disini!

Ingin membeli mobil, namun pendapatan pas-pasan? Di bawah ini adalah beberapa tips ampuh yang bisa dijadikan sebagai bahan panduan:

  1. Sisihkan Tabungan Setiap Bulan

Anda bisa menyisihkan tabungan sekitar 30% dari total nominal gaji yang diterima setiap bulan. Selain itu, sebaiknya hanya fokus pada kebutuhan pokok dengan mengurangi anggaran keluar kurang penting. Contohnya, membeli barang-barang yang tidak diperlukan atau makan di restaurant.

  1. Mencari Penghasilan Tambahan

Seperti kata pepatah “Ada banyak jalan menuju Roma”. Ini bisa Anda terapkan saat bertekad untuk membeli mobil. Meskipun gaji Anda hanya UMR, tapi ada banyak cara lain yang bisa ditempuh supaya mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satunya adalah mencari pekerjaan sampingan.

Jika Anda memiliki keterampilan seperti, desain grafis, edit foto dan video, menulis artikel, programming, dan lain sebagainya, maka bisa cari kerja freelance yang bisa dikerjakan dari rumah. Di samping itu, Anda juga bisa membuka usaha kecil-kecilan untuk menambah tabungan.

  1. Memilih Mobil Sesuai Kebutuhan

Karena nominal gaji terbatas, maka diatasi dengan menurunkan ekspektasi terhadap merek dan tipe mobil. Dengan kata lain, Anda bisa pilih mobil yang harganya terjangkau alias Low Cost Green Car.

Saat ini, Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai tipe mobil murah di pasaran. Kalau kurang paham masalah mobil, maka bisa menggunakan layanan beli mobil terpercaya SEVA. Di aplikasi tersebut, Anda akan dibantu dalam mendapatkan mobil bagus yang sesuai dengan budget.

  1. Membeli Mobil Secara Kredit

Opsi mencicil atau kredit adalah cara paling tepat dan cepat untuk bisa membeli mobil. Apalagi, sekarang ada banyak lembaga pembiayaan yang menawarkan layanan kredit mobil dengan berbagai pilihan tenor secara mudah. Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan anggaran.

Sebenarnya, akan lebih bijaksana jika Anda menabung terlebih dahulu. Dengan begitu, maka bisa memberikan DP dalam jumlah lebih besar. Sehingga bisa memilih tenor paling pendek.

  1. Menghitung Simulasi Kredit Mobil

Bagi yang bergaji UMR, maka bisa melakukan simulasi kredit dengan mengikuti cara berikut:

Jika penghasilan adalah Rp. 5.000.000 /bulan, maka bisa mengalokasikan untuk cicilan kredit sebesar 30%. Hitungannya, 5.000.000 x 30% = Rp. 1.500.000. Namun, pastikan kalau Anda tidak memiliki utang lain. Sehingga uang tersebut dapat dialokasikan untuk membayar angsuran.

Beberapa trik ampuh diatas dapat dijadikan sebagai bahan acuan bagi yang memiliki gaji UMR, tapi ingin mempunyai mobil pribadi tanpa harus terbebani dengan tingginya nominal angsuran.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Temukan Lowongan Pekerjaan di Gianyar dengan HHRMA Bali

Mengembalikan Mimpi Anak-anak Korban Bencana Alam Bersama Pendekar Anak

Ini Alasan Kenapa Perlu Melakukan Disinfeksi Pada Rumah