Bahaya Udara AC Mobil Menurut Otoklix, Bisa Mengganggu Kesehatan


Fitur pendingin udara alias AC di dalam mobil memiliki fungsi yang sangat vitas. Di cuaca yang sangat panas ini, AC atau air conditioner memang begitu dibutuhkan. Namun, banyak pemilik kendaraan yang beranggapan adanya potensi bahaya udara AC mobil. Nah, hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari komponen AC yang rusak atau filter AC kotor. Hanya mekanik terpercaya saja yang bisa mengetahui kerusakan ini.


Untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komponen AC mobil yang mengakibatkan bahaya udara AC mobil, bawalah mobil Anda ke bengkel secara rutin untuk dilakukan perawatan. Mencari bengkel terdekat dan terpercaya bisa melalui aplikasi bengkel Otoklix. Berikut adalah manfaat melakukan service AC mobil secara rutin untuk menghindari bahaya udara AC mobil.

Manfaat Service AC Mobil

1. Mencegah kerusakan lebih besar

Service AC mobil berkala akan membuat kamu lebih cepat mengetahui komponen mana yang perlu diganti atau diperbaiki. Sehingga kamu bisa segera menanganinya sebelum terjadi kerusakan yang lebih besar. Keuntungannya, kamu jadi terhindar dari risiko membayar perawatan yang lebih besar karena banyaknya komponen yang harus diganti atau diperbaiki.

2. Tetap nyaman digunakan

Seperti barang elektronik lainnya, jika AC mobil sering dilakukan service berkala, maka kamu akan selalu merasa nyaman saat menggunakan mobil kamu. Tidak akan terjadi AC mati mendadak atau mendadak panas jika kamu rutin melakukan perawatan AC mobil.

3. Menambah pengetahuan bagian AC mobil

Saat melakukan service AC mobil di bengkel, kamu juga sebaiknya proaktif dengan bertanya atau berdiskusi dengan montirnya. Sehingga, kamu pun memiliki wawasan tentang AC mobil. 


Pengetahuan ini bisa bermanfaat ketika kamu hendak memilih spare part AC mobil atau bahkan saat AC mobil kamu tiba-tiba rusak. Jadi, ketika ada masalah dengan AC mobilmu, kamu bisa mengatasinya sendiri sebelum membawa ke bengkel service AC mobil.

4. AC lebih awet

AC mobil yang sering melakukan perawatan rutin bisa memiliki masa pakai selama lima hingga sepuluh tahun. Akan tetapi, jika tidak melakukan perawatan rutin masa pakainya pun tidak akan tahan lama, apalagi jika kendaraan sering digunakan sehari-hari. Jadi, dengan melakukan service AC mobil rutin, kamu bisa menghemat ongkos service AC mobil.

5. Menghindari korosi pada komponen

Kondensor pada AC mobil adalah komponen yang rawan korosi karena terkontaminasi udara di oli kompresor AC. Oli yang terkontaminasi ini akan menjadi bersifat asam dan menjadi sumber endapan pada komponen pada mesin AC.


Selain kondensor, komponen di dalam mesin AC mobil juga terdiri dari material yang rentan korosi. Jadi, dengan service AC mobil berkala kamu bisa segera membersihkan komponen tersebut sebelum komponen tersebut rusak. Sehingga kamu tidak harus sering ganti spare part AC mobil.

6. Terhindar dari bakteri masuk kabin mobil

Filter pada mobil yang tidak pernah diganti akan menyebabkan bakteri berbahaya masuk ke dalam kabin mobil. Nah, ternyata kamu bisa mengecek kondisi filter kabin utama tanpa membawa ke bengkel service AC mobil, lho. Sehingga kamu bisa meminimalisasi biaya perawatan di bengkel.

7. Menghindari overheating pada sistem mesin ac mobil

Kipas radiator atau kipas kondensor mati bisa menyebabkan overheating pada sistem mesin AC mobil. Kerusakan pada kipas radiator ini dapat dideteksi apabila kita melakukan service berkala. Dengan demikian risiko yang meluas dapat diminimalisasi.

Biaya Service AC Mobil

Harga service AC mobil berbeda-beda tergantung tingkat kerusakan, komponen yang perlu diganti, jenis mobilnya hingga jasa bengkel service-nya. Namun, rata-rata tarif service AC mobil mulai dari Rp 300 ribu sampai Rp1,5 jutaan. Biaya ini adalah biaya penggantian spare part. 


Untuk penggantian medium biayanya Rp1 jutaan. Pengerjaan perbaikan ini bisa tanpa dibongkar. Sementara untuk servis besar, tarifnya dimulai dari Rp1,5 jutaan termasuk flushing system dan penggantian oli kompresor.


Penggantian beberapa komponen seperti seal, thrust bearing, soe, shaft seal bisa memakan biaya sekitar Rp475 ribu sampai dengan Rp700 ribu. Namun, dengan catatan, komponen utama seperti piston, noken as, dan silinder piston tidak ada yang mengalami kerusakan. 


Biaya paling murah dalam service AC mobil adalah penggantian fan belt dan extra fan. Harga sebuah fan belt AC mobil mulai dari Rp40 ribuan, sementara extra fan paling murah Rp300 ribuan. 


Beberapa jasa service AC mobil menawarkan untuk memperbaiki extra fan. Sebaiknya hindari saja, ganti dengan extra fan yang baru agar terhindar dari potensi kerusakan secara mendadak atau tiba-tiba.

Rekomendasi Bengkel AC Mobil yang Bagus

Jika kamu kesulitan mencari bengkel AC mobil yang bagus, mungkin beberapa bengkel di bawah ini dapat menjadi pertimbangan kamu yang ingin service AC mobil di wilayah Jabodetabek.

1. CK AC Mobil

Bengkel CK AC Mobil berlokasi di Jalan Biak No. 5KL, Pertokoan Pasar Biak. Bengkel ini menyediakan jasa perbaikan AC, variasi, dan lain-lain. CK AC Mobil memiliki kualitas pengerjaan yang maksimal dari tenaga-tenaga andal demi kepuasan pelanggan-pelanggan. 


Buat kamu yang sedang mencari bengkel AC mobil recommended  di wilayah Roxy dan sekitarnya, kamu bisa mencoba CK AC mobil ini.

2. Putra Jaya AC Mobil

Bengkel AC mobil recommended yang kedua adalah Putra Jaya AC Mobil. Spareparts kepuasaan konsumen adalah motto dari Putra Jaya AC Mobil. Jika kamu mendatangi bengkel ini, kamu bisa mendapatkan fasilitas sebagai berikut:


  • Mekanik yang profesional, andal, dan ramah

  • Pemakaian spare part yang berkualitas dan bergaransi

  • Area parkir yang luas dan nyaman

  • Ruang tunggu bersih dan nyaman

  • Sistem terkomputerisasi

  • Free Wi-Fi

3. Kartika AC Mobil

Kartika AC Mobil adalah salah satu bengkel AC mobil recommended yang telah berpengalaman mengerjakan AC mobil Jepang, Korea, dan Eropa. Kartika AC ini juga menjadi acuan untuk beberapa klub otomotif, misalnya klub Trajet Family Club (TFC) dan beberapa klub lainnya.


Pemilik kendaraan bisa langsung melakukan booking bengkel AC mobil recommended di atas langsung dari aplikasi Otoklix. Temukan juga bengkel AC lainnya di aplikasi tersebut.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Temukan Lowongan Pekerjaan di Gianyar dengan HHRMA Bali

Mengembalikan Mimpi Anak-anak Korban Bencana Alam Bersama Pendekar Anak

Ini Alasan Kenapa Perlu Melakukan Disinfeksi Pada Rumah